Sabtu, 09 Januari 2016

Cara membuat build aplikasi game android dengan unity3d full tutorial

Cara Build Android di Unity. buat anda yang masih bingung bagaimana cara membuat game android di unity 3d, lalu bagaimana cara build game ke android dari engine tersebut, sekarang berga akan memberi tips tutorial lengkap bagaimana build android di unity3d. sebelum itu saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan unity3d. unity3d merupakan game engine yang dikembangkan oleh Unity Technologies. Unity 3D merupakan sebuah game engine yang berbasis crossplatform. Unity juga dapat digunakan membuat sebuah aplikasi game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, android, iPhone, PS3, Xbox dll. 

kelebihan dari tools unity3d adalah untuk membuat sebuah aplikasi berbasis mobile tidak terlalu sulit, anda hanya butuh software tambahan yaitu Android SDK, namun bukan berarti engine ini tanpa kelemahan, bisa diketahui unity 3d engine ini hanya mendukung support mobile android menggunakan ARMV7 keatas, sedangkan mobile android yang menggunakan ARMV6 tidak dapat menjalankan game tersebut. cukup disayangkan namun jangan khawatir karena mobile android ARMV7 sangat banyak bertebaran di pasar indonesia, oke langsung ke topik utama yaitu cara build android di unity, lalu bagaimana Cara Build Android di Unity. berikut tutorial yang saya ringkas agar lebih mudah dipahami.

Game merupakan salah satu hiburan yang paling banyak digemari, salah satunya video game yang masih eksis sampai saat ini contohnya Resident Evil dan juga GTA. untuk membuat game sebetulnya tidak sulit, apalagi sekarang sudah banyak ditemui game engine beserta banyaknya tutorial untuk menggunakannya, salah satunya yaitu Unity3D engine.

Unity3d merupakan sebuah game engine berbasis cross-platform. Unity3D bisa digunakan untuk membuat game Android, IOS, Windows, Linux, MAC, Playstation, Xbox, Web dll. Unity3D bisa digunakan untuk membuat game 3D dan juga 2D. Apalagi semenjak munculnya Unity3D 5 banyak fitur yang semula hanya ada pada versi berbayar kini bisa digunakan untuk versi personal.

Contoh tutorial project menggunakan Unity3D. project yang dibuat yaitu Game Dengan Nama “Panjat Tebing”.

Persiapan awal untuk build aplikasi game yaitu;


  • Download Unity3d di situs resminya unity3d.com.
  • Karakter 3D bisa anda buat menggunakan Blender atau software yang lain, lalu beri animasi sedang memanjat.
  • buat objek bebatuan dan juga coin di blender ataupun 3d modeling software lain.
yang kita lakukan sebelum proses build aplikasi android Buatlah sebuah project, dengan nama “Panjat Tebing” karena game ini game Panjat Tebing. tapi jika anda menginginkan nama yang lain silahkan menggunakan nama yang lain sesuai keinginan anda.

Cara membuat build aplikasi game android dengan unity3d full tutorial

Setelah halaman muncul selanjutnya lakukan import karakter 3d utama yang telah anda buat tadi dengan cara di drag ke Project. Ubah Animation Type pada bagian Inspector karakter tersebut, yang semula Generic menjadi Legacy lalu Apply

Cara membuat build aplikasi game android dengan unity3d full tutorial

Sama Seperti halnya import object Bebatuan dan juga object Coin yang telah dibuat sebelumnya, untuk pengaturan di inspector tidak diubah pun tidak masalah.


Selanjutnya kita copy script dibawah ini :


1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
#pragma strict
public var tebing : Rigidbody;
public var barrelEnd : Transform;
function OnTriggerEnter (col : Collider) {
if(col.tag =="Player"){
var rocketInstance : Rigidbody;
rocketInstance = Instantiate(tebing, barrelEnd.position, barrelEnd.rotation);
rocketInstance.AddForce(barrelEnd.forward * 0);
}
}

Script diatas nantinya digunakan untuk mengclone tebing, jadi seolah olah karakter yang bergerak naik, padahal background tebing yang bergerak turun.


Buat kembali script baru dengan nama maju.js lalu masukan kode berikut.

1
2
3
4
var speed : float = 5.0;
function Update () {
transform.Translate(Vector3(0,0,speed) * Time.deltaTime);
}

Script ini berfungsi agar supaya object bergerak dari atas kebawah dan sebaliknya, bisa juga dari depan ke belakang atau kiri ke kanan. tergantung posisi sumbu yang kalian atur.

Buatlah sebuah plane, ukuran bisa disesuaikan, lalu beri texture seperti bebatuan, berikan nama tebing dan Add Component Rigidbody, Script clone.js dan maju.js yang tadi sudah dibuat. atur pengaturan seperti gambar dibawah.

Cara membuat build aplikasi game android dengan unity3d full tutorial

pada script clone pada Tebing dan juga end. untuk Tebing silahkan drag ke project agar menjadi sebuah prefab. setelah di drag maka masukan prefab tebing tadi kedalam pengaturan inspector objek Tebing yang sudah ada pada menu hierarchy. dan untuk end buatlah object kosong dan beri namaend. posisinya harus berada diatas karakter utama. fungsi object end ini adalah output dari object tebing itu sendiri. jadi seolah olah karakter sedang naik ke atas. padahal tebing yang bergerak seolah  tidak ada habisnya. padalah diclone secara berulang ulang.

Tambahkan script baru dengan nama destroy.js code dibawah ini :


1
2
3
4
5
6
7
8
function OnTriggerEnter(col : Collider){
if(col.gameObject.tag == "Tebing")
Destroy(col.gameObject);
if(col.gameObject.tag == "point")
Destroy(col.gameObject);
if(col.gameObject.tag == "batu")
Destroy(col.gameObject);
}

kegunaan script yang diatas sebagai menghilangkan object tebing, point dan juga batu ketiga bersentuhan dengan objek yang sudah diberi tersebut.

PENTING juga buat anda jangan lupa untuk mengubah tag pada semua objek sesuai secript diatas. untuk tebing , untuk coin menjadi point, untuk batu menjadi Batu.

buatlah object cube lalu simpan posisinya dibawah player lebih jauh. lebar sesuai ruang jatuhnya tebing, point dan bebatuan tadi. kegunaannya unuk menghilangkan/menghapus objek tersebut saat keluar dari pantauan camera. jika tidak dihilangkan atau dihapus maka Lag berat dan Crash.

 buatlah script js dengan nama muncul.js kemudian masukan kode berikut.


1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
var projectile : Rigidbody;
var end : Transform;
function OnTriggerEnter (col : Collider) {
if(col.tag =="Player"){
/// untuk clone objek batu dan juga point
var clone : Rigidbody; clone = Instantiate(projectile, end.position, end.rotation); clone.velocity = transform.TransformDirection (Vector3.back * 10); } }

Selanjurnya buat 40 buah sphere dengan nama bebas terserah anda dengan ukuran tinggi sama seperti karakter. dan lebar 2 kali lebih besar dari karakter. jangan lupa centang trigger pada inspector. 20 puluh sejajar dengan karakter untuk 20 lagi jauh diatas karakter. untuk posisi saling berjajar diberi sedikit jarak dari satu ke yang lainya. kegunaannya ketika anda masuk kewilayah antara 20 objek yang sejajar dengan karakter  tersebut maka batu dan point akan diclone oleh objek tersebut. output dari klone tersebut yaitu berada di 20 objek atas. selanjutnya masukan 2 script muncul.js kedalam 20 objek yang sejajar dengan karakter. Untuk pengaturan pada di inspector yaitu.
  1. Projectfile: nama batu & nama point
  2. End: nama salah satu  objeck dibagian atas yang sejajar dengan objek tersebut bisa perhatikan digambar dibawah ini
Cara membuat build aplikasi game android dengan unity3d full tutorial
Sebuah script js baru dengan tombol.js masukan kode berikut dibawah ini 



1
2
3
4
5
6
7
8

9
10
11
12
13
var speed : float = 5.0;
function Update () {
if(Input.GetKey(KeyCode.D))
transform.Translate(Vector3(speed,0,0) * Time.deltaTime);
if(Input.GetKey(KeyCode.A))
transform.Translate(Vector3(-speed,0,0) * Time.deltaTime);
}



masukan karakter utama dengan posisi sesuai dengan gambar di atas tadi. lalu Add component tombol.js, centang is trigger. lalu sesuaikan pengaturan dengan gambar dibawah.


Cara membuat build aplikasi game android dengan unity3d full tutorial

Selanjutnya lakukan play. demikian tutorial Cara Membuat Game dengan Unity3d dari berga, untuk tambahan anda juga bisa Download Source code membuat aplikasi game tanpa coding 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar